Rabu, 02 Januari 2013

KAPAL MAJAPAHIT


KAPAL MAJAPAHIT
Eka Junianti Widiawati

Pendahuluan
Kerajaan Majapahit merupakan sebuah kerajaan besar pada abad 13-15 masehi yang menguasai hampir seluruh nusantara dan beberapa daerah diluar Indonesia serta memiliki perdagangan dan pelayaran yang begitu maju. Perahu-perahu jung pada masa Majapahit ini memiliki berbagai macam ukuran mulai dari kecil hingga besar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perjalanan yang ditempuh. Perjalanan mencari rempah-rempah di Ambon, Sumbawa, Flores dan lain lain. Perahu yang digunakan adalah perahu jung besar dengan bobot ratusan ton. Sedangkan pelayaran dalam wilayah sekitar pulau Jawa menggunakan perahu jung kecil.
ISI
Misteri Laksamana Nala empu kapal perang Majapahit
3

Mbah S. Sukaris
"Gajah Mada sudah wafat tigapuluh sembilan tahun yang lalu, Ananda. Hayam Wuruk sejak itu memegang supremasi militer Majapahit bersama Mpu Nala." Pagi itu Begawan Ra Vadia melanjutkan wejangannya di hadapan pendengarnya yang setia, Dewi Anggia.
      "Jadi sepeninggal sang mahapatih, semua kendali berpindah ke tangan Hyang Smodra Wisesa Nala. Seorang pelaut tulen yang menghabiskan sebagian besar waktunya di perairan seputar Nusantara. Ia mengunjungi pulau demi pulau dan membuat catatan dalam rontal mengenai ciri-ciri alam dan tanda-tanda khusus di sana."
      Dewi Anggia menyimak Ayahanda serius tampak mulai tertarik dengan Laksamana Nala orang hebat kedua Majapahit setelah mahapatih Gajah Mada.
      Begawan itu melanjutkan, "Pada suatu hari tatkala tengah berlayar berputar-putar sepuluh hari sejak mancal dari pelabuhan pusat Majapahit, Mpu Nala menemukan sebuah pulau, ia bermaksud mendarat untuk mengunjunginya. Segera ia memerintahkan bersauh di tengah laut tak jauh dari pulau itu. Ombak di tempat itu tidak terlalu tinggi. Dengan sekoci sederhana Mpu Nala mendarat di pulau yang tidak terlalu subur, akan tetapi terdapat pohon-pohon yang besar dan tampaknya keras. Tanah di pulau itu berbatu-batu, dan sebuah gunung api cukup besar menjulang tinggi tepat di tengah pulau. Udara agak kering dan cenderung hangat."
      "Di mana itu, Ayahanda?" Dewi Anggia memecah kesunyian, karena sang Begawan agak ragu untuk meneruskan ceritanya.
      "Mpu Nala tidak pernah menunjukkan tempat itu kepada siapapun, bahkan kepada Mahapatih Gajah Mada maupun prabu Hayam Wuruk, ia hanya mengajak tukang-tukang kapal terbaik Majapahit berlayar ke tempat itu kembali tanpa diiringi awak sebelumnya tatkala ia pertama kali mendarat. Mereka semua sepakat merahasiakan tempat itu, karena terdapat sejenis pohon yang berdiameter besar dan kayu itu tahan air garam."
      "Jadi kapal-kapal yang bersandar di Gresik itu semua terbuat dari pohon "itu", Ayahanda?"
      "Tidak semua kapal, Ananda. Hanya kapal berukuran besar yang dibuat secara khusus menggunakan jenis pohon itu, antaranya kapal bendera atau kapal pimpinan tertinggi gugusan armada Majapahit." Begawan Vadia mencoba keras mengingat kembali masa silam kepada sang putri secara tepat lokasi pulau ditemukannya pohon itu.
      "Apakah tempat itu sangat terpencil, Ayahanda?"
      "Tidak, justru sebaliknya tempat itu di tengah lalulintas ramai pelayaran laut." Begawan itu tampaknya telah pulih kembali ingatannya dan mengetahui persis lokasi pulau yang sangat dirahasiakan Mpu Nala.
      "Ayahanda sepertinya serba tahu, bukankah tadi ayahanda mengatakan cuma kalangan terbatas yang tahu rahasia itu?" Dewi Anggia menduga ayahandanya seorang ahli pembuat kapal.
      Begawan Vadia cuma tersenyum kemudian menjelaskan, "Dari keterangan salah seorang pembuat kapal, yang ikut Laksamana Majapahit itu cuma disebutkan ciri-ciri keadaan pulau yang sebagian wilayahnya merupakan gunung berapi. Setiap kali perjalanan Mpu Nala mengambil alih kemudi kapal, dan tampaknya ia berputar-putar dalam perjalanan menuju tempat itu. Para awak setelah beberapa hari pelayaran tatkala terbangun di pagi hari kapal sudah merapat ke pulau itu. Begitu pula jika hendak meninggalkan pulau, Mpu Nala mengambil alih kemudi dan menempuh perjalanan memutar pulau Jawa untuk dapat kembali ke pangkalan laut Majapahit di Pulau Bali. Di sana terdapat galangan besar untuk mengolah ataupun melanjutkan pembuatan kapal yang sudah setengah jadi itu."
      "Ayahanda, siapa yang meneruskan dan menyelesaikan kapal itu?" Dewi Anggia kurang mengerti soal kapal, tapi ia tertarik dengan upaya Mpu Nala merahasiakan pulau misterius itu.
      "Para awak kapal itu rata-rata berasal dari Pulau Bali, mereka itu juga orang yang sama. Pengrajin kapal itu penduduk sekitar galangan itu berada tepatnya di selatan Pulau yang menghadap ke Laut Kidul."
      "Tidak ada orang dari Jawa, Ayahanda?"
      "Tentu saja ada, demi menjaga kerahasiaan pada akhirnya mereka secara sukarela tinggal berbaur dengan sesama arsitek kapal dari Bali."
      Dewi Anggia masih berusaha mengetahui di mana letak pulau misterius yang tumbuh pohon besar, kayunya ulet tapi ringan, dan tahan air garam. Begawan pujangga Vadia dapat membaca air muka putrinya, ia melanjutkan, "Pada suatu kali para awak kapal merasa heran, sudah lama mereka tidak lagi diajak sang Laksamana Nala belayar mengarungi samudera guna mengambil kayu istimewa itu."
Dewi Anggia memandang keluar pondok, pintu utama rumah mereka di pinggir pusat Majapahit terhembus angin kencang sepagi itu. Kicauan berbagai jenis burung menerobos masuk.
      Begawan itu memandang sejenak wajah putrinya, ia terbayang sang ibundanya yang telah wafat, wanita mulia yang mendampingi Begawan Vadia yang tatkala itu usianya hampir menginjak seabad itu berasal dari pedalaman. Pada awalnya ia seorang penyanyi di istana Majapahit dan tenar di kotaraja Majapahit yang membawakan hampir semua karya sang Begawan. Dengan wafatnya mahapatih Gajah Mada pada 1364, maka terjadi sedikit kelonggaran atas pelarangan karya Begawan, hanya dalam tempo sembilan tahun, kebebasan itu dapat dinikmati keluarga seniman itu, selanjutnya breidel babak kedua yang kembali diberlakukan Hayam Wuruk, telah memukul kehidupan sang Begawan. Dan yang paling sedih terkena sasaran, tidak boleh manggung lagi di istana. Pada akhirnya wafat tanpa didahului sakit atau keluhan apapun. Dewi Anggia baru berusia beberapa bulan tatkala ibunya wafat. Seorang kerabat sang begawan bersedia mengasuhnya dalam pondok sang begawan sampai gadis itu berusia lima tahun.
      "Pada waktu itu terjadi peristiwa di barat pulau Jawa sebuah gunung meletus dengah dahsyat. Para ahli pembuat kapal Majapahit itu menduga letusan itu ada hubungannya dengan dihentikannya pengambilan kayu bahan pembuatan kapal besar. Dan pulau misterius itu tentu sangat dekat atau bahkan memang di sanalah tempat tumbuhnya pohon raksasa yang langka itu."
      "Jadi benarkah begitu Ayahanda?"
      "Beberapa bulan kemudian sejak letusan itu Mpu Nala mengajak para awak pembuat kapal meninjau gunung yang telah menghentikan aktivitasnya. Tatkala sampai di pulau itu Mpu Nala tidak mengajak orang lain meninjau bekas letusan. Para awak masih ingat tatkala kembali menaiki kapal tampak kegalauan pada air muka Laksamana Hyang Smodra Wisesa Nala. Tak sepatah pun keluar dari mulutnya."
      Kali ini ia tidak mengambil alih kemudi akan tetapi memerintahkan jurumudi untuk mencari jalan pulang ke pangkalan laut Majapahit. Para awak kapal tidak pernah menceritakan apapun tentang kejadian tersebut. Mereka menyadari Majapahit tidak mungkin lagi membuat kapal besar.
Sudah banyak buku yang menulis zaman kejayaan maritim Nusantara. Misalnya, Robert Dick-Read lewat bukunya “Penjelajah Bahari” menulis mengenai kejayaan pelayar Nusantara di abad sebelum Masehi,yang berdagang dan menangkap budak sampai di Afrika Timur dan Afrika Barat, dan tinggalannya yang nyata adalah bangsa Melayu-Merina sawo matang di Madagascar hari ini, yang mungkin tercecer atau menetap di Pulau tersebut karena berhasil menjadi elit pemerintah di Pulau yang terasing tersebut.
Kemudian buku Anthony Reid, yang menulis buku “Asia Tenggara dalam Kurun Niaga” yang mengungkap mengenai kejayaan Nusantara di “kurun niaga” yakni abad ke 15 M. Zaman itu, Nusantara adalah penguasa perdagangan antar pulau, sehingga manusia Nusantara kaya raya, bahkan kuli pelabuhan gajinya sangat tinggi. Perbandingannya ialah, bekerja di pelabuhan seminggu sudah cukup untuk hidup sebulan. Bandingkan dengan gaji buruh sekarang, dimana gaji sebulan hanya cukup untuk hidup seminggu.
Kini, buku Irawan Djoko Nugroho “ Majapahit : Peradaban Maritim” khusus menyorot kejayaan Maritim Nusantara zaman Majapahit. Berbekal berbagai buku-buku di atas, ditambah buku-buku klasik Cina, Portugis, Arab, serta yang paling penting adalah kitab-kitab babad Nusantara, maka Irawan mengungkap bahwa Kerajaan Majapahit adalah kerajaan terkaya dan mempunyai jumlah perahu dan kapal terbesar di dunia. Uniknya,agar tidak terasa sepihak, Irawan Djoko Nugroho tidak hanya merujuk kitab-kitab “intern Majapahit” misalnya, Desawarnana/Negarakertagama, Kidung Ranggalawe, Kidung Harsa-Wijaya, Pararaton, Babad Tanah Jawi dan sebagainya.
Namun juga merujuk kitab-kitab “musuh Majapahit” misalnya Kidung Sundayana, Hikayat Banjar, Hikayat Raja-raja Pasai, Sejarah Melayu, Hikayat Hang Tuah dan sebagainya. Dari situ, terungkaplah berapa jumlah kapal milik Majapahit yang sekitar 2800 perahu/kapal ( minimal ), kerajaan Makasar 200 kapal, kerajaan Siam 100 kapal, kerajaan Cina 100 kapal, kerajaan Portugis 43 kapal.
Kesultanan Malaka ketika melamar putri Majapahit membawa 7 kapal, sebaliknya ketika Majapahit mengantarkan putrinya ke Malaka mengerahkan kapal dalam jumlah besar. Karena tidak disebutkan jumlahnya, bisa kita andaikan minimal 50 kapal.
Juga terungkap dalam buku ini, serangan Tatar-Mongol ke Jawa di bawah perintah Kaisar Terkaya di dunia saat itu, Kubilai Khan, Cuma membawa 1000 kapal, dan ukurannya hanya sedang, bukan kapal besar seperti kepunyaan Majapahit yang mempunyai lebih dari 2800 kapal. Padahal, pengerahan 1000 kapal itu sudah menghabiskan 90 % kekayaan Kekaisaran Mongol.
Maka, tak heran, ketika pasukan Tatar-Mongol dibantai habis oleh pasukan Raden Wijaya, dan sisa-sisa kapal yang Cuma puluhan buah kembali ke negeri China tanpa membawa barang rampasan yang cukup berarti, maka Kekaisaran Mongol langsung bangkrut dan melemah, sehingga tak kuasa menghadapi pemberontakan Raja-raja asli China yang ingin memerdekakan diri dari jajahan Mongol selama puluhan abad. Minim maritim sungai
Dengan kekayaan informasi mengenai maritim lautan yang sangat berlimpah-limpah, sangat disayangkan kalau pembahasan mengenai “pelayaran sungai” agak diabaikan dalam buku ini.
Padahal ketika masih tahap editing buku ini, saya sudah mengingatkan kepada penulisnya, bahwa pembahasan mengenai “maritim sungai” sangat minim, padahal saya sebagai anak tepi sungai, sangat merasakan, betapa sangat pentingnya sungai di zaman dahulu sebagai urat nadi transportasi perdagangan, pertanian bahkan peperangan.
Karena itu, Prabu Hayam Wuruk, raja Majapahit di era kejayaannya, sampai menerbitkan Prasasti khusus yang mengatur jumlah pelabuhan-pelabuhan sungai di sungai Brantas dan Bengawan Solo, dua sungai paling penting di masa lalu, bahkan sampai tahun 80-an masih sangat penting.
Baru di tahun 90-an, peran sungai digantikan jalan-jalan darat yang mulai dibangun dengan bagus, dan sebaliknya sungai dijadikan pembuangan sampah. Pengkhianatan manusia Indonesia terhadap sungai terus berlangsung sampai sekarang dengan kadar yang sangat kejam. Tidak hanya dijadikan tempat sampah, sungai juga banyak yang diurug dan disempitkan setara got, akibatnya banjir adalah fenomena sehari-hari di negeri “dodolibret” ini.

Foto : 





Referensi :
Internet :
2.      http://www.rimanews.com/read/20120104/50619/menjelajah-kejayaan-maritim-di-zaman-majapahit
3.      http://google.com
4.      http://wikipedia.com
5.      www.hastamitra.net/p/rahasia-majapahit-ambruk.html
Buku :
1.      Judul Buku: Majapahit : Peradaban Maritim
Penulis       : Irawan Djoko Nugroho
Penerbit     : Yayasan Suluh Nuswantara Bakti, Jakarta
Tahun        : 2011

2.      Ibukota Majapahit:Masa Jaya dan Pencapaian
Penulis: Agus Aris Munandar
Terbit : Desember 2008
Detail: 176 hlm, 14 x 21 cm
Penerbit: Komunitas Bambu



                                                                  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar